Blog tentang Internet, Software, Android dan Blog

08/03/15

Ingin Komputer/ Laptop Anda Lebih Cepat? Download dan Install Ccleaner Saja

Cara membuat laptop atau komputer Anda lebih cepat - TeknoIn - Perkenalkan nama saya Fachri, saya tinggal di Medan dan berkuliah di salah satu universitas di Medan. Kenapa saya memperkenalan diri saya? Karena ini adalah artikel perdana saya untuk blog ini ^^

Oke, pada artikel pertama saya ini, saya ingin memperkenalan software komputer yang bernama Ccleaner. Jika Anda pengguna android, tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar sofware bernama Clean Master, aplikasi Clean Master dengan Ccleaner memiliki kesamaan, yaitu sama - sama meningkatkan peforma perangkat.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop
dengan Ccleaner
Tahukah Anda, bahwa setiap kali Anda menginstall, menguninstall, membuka google chrome, mozila, ataupun yang lainnya akan meninggalkan sampah pada komputer Anda. Apakah Anda tahu apa yang terjadi jika sampah dibiarkan menumpuk dan tidak dibuang? Yep bener, akan menimbulkan kerugian untuk kita. Misalnya saja, sampah yang ada di sungai, jika dibiarkan terus - menerus akan menyumbat aliran air sungai dan dapat menyebabkan banjir.

Nah itulah yang akan terjadi pada laptop atau komputer Anda jika membiarkan sampah itu terus menumpuk. Semakin banyak sampah itu akan membuat komputer Anda menjadi lambat. Nah, untuk menghapus sampah itu, kita memerlukan bantuan software yang bernama Ccleaner. 

Mungkin sekarang Anda sudah mulai memahami sedikit tentang fungsi dari ccleaner

Cara Menggunakan Software ccleaner


1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download dan install terlebih dahulu aplikasinya di web ini


2. Lalu pilihlah Ccleaner Free dan option download from Filehippo atau Piriform (lihat gambar agar lebih jelas). Akan tetapi, jika Anda memiliki banyak uang, Anda boleh membeli aplikasi Ccleaner yang berbayar (untuk trial (uji coba) gratis),

3. Setelah itu, Anda install aplikasinya di laptop / komputer Anda.

4. Jika Anda melakukan langkah dengan bener, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini


Apa - apa saja yang terdapat dalam software ccleaner?


Cleaner : seperti namanya yaitu pembersih, apa yang dibersihkan? sudah jelas sampah donk hhe.. disinilah tempat Anda untuk membersihkan sampah - sampah yang ada pada laptop atau komputer Anda. Berikut cara membersihkan sampahnya :

1. Pertama - pertama Anda lihat terlebih dahulu pilihan yang ada pada option kiri. Disitu terdapat 4 pilihan yaitu internet explorer,  windows explorer, system, dan advanced (abaikan saja). Jika pada laptop Anda belum terceklist otomatis, Anda boleh melihat gambar di bawah ini, apa - apa saja yang harus diceklist.




2. Jika Anda melihat dibagian bawah, terdapat 2 pilihan yaitu Analyze dan Run Cleaner, pertama - pertama Anda klik terlebih dahulu Analyze untuk mengetahui sampah apa saja yang terdapat dalam laptop atau komputer Anda (lihat gambar)


2. Nah, itulah sampah yang sekarang ada pada laptop Anda, cobalah iseng - iseng Anda hitung ada berapa Mb atau Gb sampah di komputer Anda? Sedikit atau banyak?

3. Selanjutnya setelah analyze silahkan Anda klik run cleaner, jika ada muncul pilihan ok atau cancel klik OK

4. File sampah pada komputer / laptop Anda berhasil di hapus, untuk membuktikannya Anda boleh mengklik analyze sekali lagi


  • Registry : untuk yang ini sebenarnya saya tidak terlalu paham, jadi saya belum berani untuk memberikan penjelasan kepada Anda.
  • Tools : pada option tools ada beberapa yang bisa saya jelaskan, yaitu untuk menu uninstall dimana Anda dapat menguninstall aplikasi - aplikasi pada komputer / laptop Anda tanpa harus melalui Control Panel lagi dan untuk menu startup adalah aplikasi - aplikasi yang berjalan saat komputer / laptop Anda dihidupkan. Nah, fungsi dari startup ini adalah Anda dapat mendisable aplikasi yang tidak penting yang berjalan pada komputer Anda. Carannya cukup mengklik aplikasinya lalu pilih option disable disebelah kanan. Untuk tiga menu lagi saya belum terlalu memahami fungsinya hhe
  • Options : menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan pada software ccleaner ini sendiri, seperti otomatis membersihkan saat komputer / laptop pertama kali dihidupkan, otomatis mematikan aplikasi saat sudah digunakan, menghapus recyle bin yang sudah lama, dan lain - lain sebagainya.

Fungsi Ccleaner 



Adapun fungsi Ccleaner lainnya yang saya kutip dari https://securityinabox.org/id/ccleaner (info tambahan lainnya tentang ccleaner ada di web tersebut)

  1. Kemampuan untuk menghapus secara permanen jejak aktifitas Anda dan file sementara yang tersimpan dalam komputer Anda.
  2. Kemampuan untuk membersihkan ruang tidak terpakai dalam disk yang tersambung dengan komputer Anda.
  3. Kemampuan untuk membersihkan Windows Registry.
  4. Kemampuan untuk mengontrol program apa saja yang bekerja ketika komputer dinyalakan.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Komputer/ Laptop Anda Lebih Cepat? Download dan Install Ccleaner Saja

0 komentar:

Posting Komentar