Blog tentang Internet, Software, Android dan Blog

10/03/15

Andoid Anda Boros Baterai? Cobain Software Penghemat Baterai (Greenify)

Cara menghemat Baterai Hp Android Kita - TeknoIn - Penggunaan gadget memang sudah sangat menjamur sekarang ini. Dimana - mana kita melihat orang - orang sibuk dengan gadgetnya masing - masing. Gadget yang paling sering kita liat yaitu dengan sistem operasi IOS atau Android. Akan tetapi, yang namanya hp pintar juga membutuhkan perawatan yang pintar dari penggunannya. 

Cara Menghemat Baterai Hp Android dengan Greenify
Banyak masalah - masalah yang sering terjadi pada handphone android kita seperti nge - lag (responnya lambat), heng, android tiba - tiba restart sendiri, sampai yang terakhir mati total. Kenapa masalah itu bisa terjadi, tentunya kesalahan dari pengguna android itu sendiri. Karena apa, sewaktu Anda beli pertama kali tentunya hp android Anda masih lancar bukan? Nah, bisa timbul masalah karena kesalahan dari kitanya, misalnya banyak menginstall aplikasi tidak penting sehingga membuat RAM menjadi penuh, membuka aplikasi terlalu banyak dalam satu waktu, dan lain sebagainya.

Memang salah satu keunggulan dari hp pintar yang kita tahu adalah kemampuan multitaskingnya, tapi gak semua aplikasi juga loh dibuka haha.., yah coba Anda bayangkan kalau Anda melakukan tugas masak, sambil motong cabe, sambil nonton tv, sambil nyuci kamar mandi, sambil gendong anak, gimana bisa? pasti enggak kan? Begitu jugalah hp pintar,, pikirkan perasan hp Anda haha..

Nah, jadi karena kegiatan multitasking yang dapat dilakukan hp android ataupun IOS, tentunya akan banyak menguras pemakaian beterai Anda. Mungkin Anda baru ngecas 2 jam, tapi sudah hilang aja 50 %. Kebanyakan hal itu terjadi karena ada aplikasi - aplikasi yang sebenarnya tidak kita gunakan berjalan di belakang layar. Hal ini juga salah satu yang menyebabkan hp android kita sering ngelag.
Misalnya saja gini, anggaplah memori RAM Anda 512 mb, sistem operasi Anda mungkin sudah memakai RAM sebanyak 40 %, berarti sisa 60 % lagi. Pada saat itu mungkin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar seperti bbm, facebook, twitter, instagram, path, bahkan internet atau browser. Kita anggap lah sebanyak 40 %, berarti total sudah 80 %. 

Jadi gini intinya, makin banyak aplikasi yang berjalan yang memakan RAM, maka makin berat hp android Anda, sehingga menyebabkan pemborosan baterai. Sebelum saya melanjutkan tentang aplikasi greenify, sekarang cobalah buka pengaturan - baterai. Lihatlah penggunaan baterai pada android Anda..lihat berapa persen aplikasi, sistem, dan pencerahan memakan baterai android Anda. biasanya pencerahan hp android  memakan banyak baterai juga. Artinya semakin terang pencahayaan hp kita, maka makin banyak juga baterai yang terpakai.

Nah, setelah Anda mengecek, sekarang akan saya beritahu salah satu aplikasi penghemat baterai, yaitu Greenify. Langsung saja pada intinya ya, jadi aplikasi ini menghibernasi aplikasi - aplikasi yang berjalan di background tanpa kita sadari. Jadi dengan menghibernasi aplikasi itu sementara tidak kita gunakan, untuk menggunakannya lagi Anda tinggal mengklik aplikasi itu lagi. Dengan ini juga, dapat memberikan space pada memori RAM kita, sehingga android Anda terhindar dari lag. Langkah - langkah menggunakan aplikasi Greenify.

1. Pertama - tama sebelum meginstall, hp Anda harus di root terlebih dahulu. Jika belum mengetahui apa itu root dan bagaimana caranya, bisa baca pada artikel saya yang INI


2. Cari aplikasi tersebut di play store (lihat gambar)
3. Setelah itu ada klik tanda plus yang ada di kanan atas (lihat gambar)


4. Pilih aplikasi yang ingin Anda hibernasi, klik aplikasi tersebut, lalu pilih tanda checklist yang ada di kiri bawah.


5. Dan aplikasi itupun berhasil di hibernasi.


6. Jika Anda ingin menghibernasi suatu aplikasi muncul pemberitahuan yang mengatakan "tidak dapat menghibernasi aplikasi ini, jika dihibernasi maka akan menyebabkan kegagalan fungsi dan dapat menghilangkan data", kalau untuk saya tetap saya hibernasi. Karena selama saya menghibernasi aplikasi tersebut, tidak ada menimbulkan apa - apa. Tapi, jika Anda ragu sebaiknya jangan. Sebenarnya gini, sebagai contoh misalnya Anda ingin menghibernasi BBM, ketika BBM berhasil dihibernasi, Anda tidak akan mendapatkan notif chat bbm dari teman - teman Anda, jadi untuk itu Anda harus membuka bbm Anda kembali, baru notif chat dari teman Anda bisa masuk. Begitu juga misalnya Line, jika Anda menghibernasi Line, maka jika ada teman Anda yang ngechat tidak ada bunyi. Anda harus membuka terlebih dahulu aplikasi Line tersebut. Kira - kira begitulah sedikit gambaran yang bisa saya kasih tentang aplikasi Greenify ini. Jadi hibernasikanlah aplikasi itu disaat memang Anda sudah tidak menggunakannya lagi.

Sekian artikel saya tentang cara mudah menghemat baterai Android kita, semoga bermanfaat ^^

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Andoid Anda Boros Baterai? Cobain Software Penghemat Baterai (Greenify)

1 komentar: