Blog tentang Internet, Software, Android dan Blog

28/04/16

Cara Membuat Text / Kata - kata Menjadi Video Berjalan

Cara Mudah Membuat Video Berjalan dengan Kata - Kata - TeknoIn - Selamat sore semuanya, pada kesempatan kali ini saya ingin mengajarkan kepada Anda bagaimana caranya membuat text berjalan. Ya, sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat text berjalan, yang pertama kita menggunakan photoshop, yang kedua kita menggunakan windows movie live maker. Ya, tapi pada artikel kali ini saya akan mengajarkan menggunakan windows movie live maker. Berikut ini langsung saja tutorialnya saya ajarkan kepada Anda gimana cara membuatnya ya ^^

1. Langkah pertama, bagi Anda yang belum mempunyai software windows movie live maker, Anda download dan install terlebih dahulu. Berikut tempat download software tersebut Download Windows Movie Live Maker

2. Setelah selesai download, buka software tersebut. Tampilan pertama software tersebut akan seperti gambar di bawah ini.

3. Nah untuk membuat videonya, Anda klik Title, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya ketikkanlah apa yang ingin Anda buat. Misalnya saya mengetik "Tutorial Windows Movie Live Maker". Lihat gambar di atas dan bawah ini


4. Nah pada bagian kiri atas yang saya kotakkin bewarna merah, disitu tempat Anda mengatur jenis dan besar huruf. Pada Background Colour, Anda bisa mengganti warna dari latar belakangnya. Misalnya merah, hijau, biru, dan lain - lain. Pada Start Time, Anda bisa mengatur pada detik ke berapa textnya muncul. Misalnya pada waktu 5 detik textnya baru muncul. Pada bagian kiri atas yang saya kotakkin bewarna merah besar, disitu tempat Anda mengedit efek dari setiap kemunculan slidenya. Misalnya dari arah kiri, kanan, bawah, atas, tengah, dan lain - lain. Langsung Anda coba saja biar paham apa yang saya bilang. Lihat gambar di atas 

5. Nah, selanjutnya Anda tinggal menambah potongan - potongan slidenya menggunakan "Title" kembali. Setelah ada beberapa potongan slidenya, sekarang saya akan mengajarkan bagaimana caranya mengedit durasi dari setiap slide. 

Bagaimana cara mengatur durasi dari setiap slide?

Untuk mengatur durasi dari setiap slide, Anda klik 2 kali pada salah satu slide. Maka, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Nah, lihat pada bagian yang saya kotakkan. Disitu Anda bisa mengatur berapa lama durasi dari setiap slide. Saran saya, bandingkan dengan kata - kata yang Anda buat. Kalau kata - katanya sedikit maka durasinya jangan terlalu lama. Lihat gambar di bawah ini.


Bagaimana Cara Menambahkan Foto, Video atau Musik?

Nah, untuk menambahkan foto atau musik Anda cukup kembali ke menu Home. Pada bagian kiri atas, ada bacaan Add photo dan disebelahnya ada bacaan Add music. Caranya Anda hanya tinggal klik bacaan add photo untuk mengambil foto dari komputer / laptop Anda, dan klik add music untuk menambahkan musik pada video yang Anda buat.



Setelah semuanya selesai, apa lagi yang harus saya lakukan?

Setelah Anda rasa cukup untuk membuat dan mengedit videonya, selanjutnya save video tersebut. Nah, dalam save video juga terdapat 2 pilihan. Pilihan pertama yaitu, Anda save video tersebut, tapi Anda masih bisa mengedit videonya jika masih ada kekurangan. Pilihan kedua, Anda save dan tidak bisa lagi mengedit video tersebut.

Pilihan pertama yaitu save project as


Pilihan kedua yaitu save movie - baru pilih windows phone large, small atau HD untuk kualitas dan besar videonya

Bagaimana cukup mudah kan membuat video dengan text berjalan?
Sekian artikel saya tentang trik membuat kumpulan kata - kata menjadi video, semoga bermanfaat ^^

Lanjut baca artikel lainnya yuk tentang

  1. Cara Mudah Mengubah Rotasi Video
  1. Cara Mudah Mengubah Format Video

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Text / Kata - kata Menjadi Video Berjalan

0 komentar:

Posting Komentar